Jumat, 16 November 2012

ANDAKAH YANG AKAN JADI KORBAN BERIKUTNYA?



Saat ini seseorang sedang menjadi korban!
Kriminal sangat nyata, tidak perduli dimana anda tinggal, berapa banyak uang yang anda miliki, apapun ras dan jenis kelamin anda, atau apapun agama anda. Setiap orang adalah target potensial dari beberapa jenis kriminalitas. Apakah hal tersebut mencemaskan anda?
ketika anda sendirian

Pernahkah anda menonton TV show “Criminal Minds”?. Tugas karakter utama di show tersebut adalah menciptakan sebuah profil dari seseorang ( mereka menyebutnya UN-SUB, yang merupakan singkatan Unknown Subject….orang yang dicurigai) yang telah melakukan kejahatan. Team tersebut mencoba memperkirakan secara psycologi mengapa penyerang terdorong melakukan tindakan itu terhadap seseorang.
Mereka mendapati bagaimana seorang pembunuh atau pemerkosa, diantara sekian banyak pelaku kejahatan lainnya, memutuskan kenapa target mereka sesuai dengan kriteria tertentu. Dan hal itu rupanya  tidak berhubungan atau tidak samasekali, dengan rupa, warna rambut, tinggi badan,berat badan, umur, pekerjaan,atau tidak bekerja sama sekali,  karena itu……. BISA SIAPA SAJA!!

Inilah kenyataannya
Bukan hanya dibuat-buat untuk kepentingan TV show. Bukankah hal-hal tersebut sama sekali tidak dapat diatur-atur, terutama karena kejahatan terjadi sebelum para penegak hukum dapat mencari tahu motif dan kenapa dan bagaimana.
Umumnya orang akan  mengalami perubahan sikap ketika sesuatu yang traumatis menimpa diri mereka. Mereka akan bertanya pada dirinya “kenapa saya”?. Dan faktanya tidak ada jawaban terhadap pertanyaan demikian, karena siapa saja bisa jadi target potensial kejahatan.


sexual abuse 1
Sangat sukar membayangkan apakah yang akan anda lakukan, seperti apakah rupa anda, bila sesuatu yang mengerikan terjadi pada anda. Apakah tas atau dompet anda disilet atau anda menjadi korban penyerangan sexual, yang pasti efek hal itu akan tinggal selamanya.
Anda akan hidup dalam rasa ketakutan yang terus menerus kalau-kalau hal yang sama terulang kembali. Seringkali kejahatan terjadi ditempat umum dimana banyak orang menyaksikan, namun orang-orang juga tidak berbuat apa-apa, hanya menatap kasihan.
Bagaimana kalau anda memiliki alat bela diri ditangan anda? Apakah yang bisa anda perbuat untuk menghindarkan diri anda dari tindakan kejahatan?
Apakah anda akan membiarkan diri anda menambah statistik korban kejahatan? Kami sangat yakin dan percaya bahwa masyarakat harus mengetahui sebanyak mungkin informasi tentang kejahatan.

sexual abuse 2


Menakutkan untuk dibaca tetapi sekali lagi…sangat perlu untuk diketahui
Menurut statistik kejahatan Amerika
Apakah anda mengetahui bahwa 1 diantara 4 wanita akan menjadi korban dari orang yang dikenal dalam hidup mereka? Itu berarti 25% wanita! Bila itupun kurang menakutkan anda,bagaimana dengan kata “pelaku yang dikenal”?. Korban mengenal pelaku yang menyerangnya! Namun yang menyedihkan adalah kasus-kasus demikian hanya terbenam tidak terangkat kepermukaan, karena tidak banyak yang mau melaporkan.

Bagaimana tentang statistik tersebut?
Lebih dari 7 juta wanita mengalami perkosaan dari orang-orang yang dikenal baik oleh mereka, dalam suatu masa hidup mereka. Itu berarti bisa saja pacar, suami, tetangga, teman, family,atasan, rekan kerja, karyawan,  dsb, yang menyerang wanita diluar kehendaknya secara kekerasan.
Bukan hanya wanita yang mengalami perkosaan atau serangan sexual, tetapi juga terjadi pada lelaki, 1 diantara 33 pria telah diperkosa/sodomi, atau diserang dengan paksa diluar kehendak mereka.

wanita dengan stun gun ditangan

Belajar membela diri sebagai prioritas bagi siapa saja
  •  Selalu waspada akan lingkungan sekitar anda.
  •  Pastikan anda hafal semua pintu masuk keluar, dan jalan akses kemana saja  ditempat anda bekerja. Bila anda bekerja di kantor dalam gedung tinggi yang besar, dan hanya tahu jalan masuk atau keluar dari situ bukan berarti anda sudah dapat jalan keluar bila terperangkap oleh penyerang anda.
  • Kebanyakan gedung punya peta menyelamatkan diri dari kebakaran, mintalah kepada HRD atau Security Department copynya agar bisa anda pelajari. Bila peta demikian tidak tersedia, maka berjalan-jalanlah dan mencari tahu pintu-pintu keluar dan buatlah peta anda sendiri. Dalam jam-jam istirahat telusurilah rute-rute keluar yang anda ketahui untuk menghafalkannya.
  •  Hal ini juga berlaku untuk di shopping mall, waspadalah akan jalan keluar karena anda mungkin tidak akan keluar dari pintu masuk anda tadi. Berusaha mencari tahu dimana kantor sekuriti, dan bila anda merasa ada seseorang menguntit, anda dapat jalan langsung menuju kantor sekuriti.

wanita membela diri
  • Mengetahi apa yang harus dilakukan dalam situasi yang memungkinkan serangan dapat terjadi, merupakan langkah awal yang baik dalam membela diri. Dan memiliki sesuatu untuk melindungi diri tentulah pertahanan yang lebih baik.
  • Anda perlu membawa salah satu jenis alat perlindungan diri, spt pepper spray (semprotan merica), stun gun (senjata kejut listrik), yang tidak mematikan. Alat-alat tersebut bukan hanya dapat menyelamatkan diri anda, tetapi juga membuat mental anda semakin percaya diri dan tidak merasa tanpa daya.
  • Alat apa yang terbaik untuk anda miliki? Itu tergantung pada bagaimana perasaan anda terhadap benda-benda tersebut, karena penting bagi anda untuk  merasa nyaman membawanya.
  • Namun apapun pilihan anda, apakah pepper spray, stun gun, dsb, mutlak perlu mengetahui cara menggunakannya secara efektif. Oleh karenanya cobalah praktek sesekali dalam hal menggunakan alat tersebut.
Latihan menggunakan alat bela diri anda!!
  •  Pelajari bagaimana cara kerja Stun gun. Kemungkinan keberanian akan bertambah pada diri anda ketika mencoba alat ini. Ketahui feature apa saja pada stun gun, dan bagaimana cara menghindari alat ini bila digunakan kepada anda.
  • Semprotkan pepper spray anda untuk mengetahui bagaimana ia beraksi, berapa jauh jangkauannya, berapa kali semprotan sampai isinya habis, artinya mungin anda perlu membeli extra 1 kaleng untuk praktek.
  • Ambil les bela diri bila perlu! Tubuh anda juga bisa menjadi senjata, dan mungkin anda dapat menemui instruktur bela diri yang akan mengajarkan cara menggunakan tubuh anda sebagai senjata dengan tangan kosong.

karikatur penggunaan stun gun utk membela diri


Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan semakin menyadarkan anda akan pentingnya membela diri dan menghindarkan diri menjadi korban kejahatan.

Tidak ada komentar: