Selasa, 20 November 2012

DIGITAL VERSUS ANALOG


Era  70 an dapatlah  dikatakan merupakan era kebangkitan teknologi digital dengan telah mulai semakin sempurnanya teknologi IC (Integrated Circuit) dimana kemasan IC sendiri sudah dapat dibuat semakin kecil dan harga produksi juga dapat ditekan, sehingga penerapan IC dalam berbagai bidang dengan sangat cepat mulai merambah. Yang paling signifikan mungkin perkembangan pesat teknologi komputer, yang memungkinkan meciptakan PC, laptop, notebook dan sekarang Ipad dsb, penerapapn yang sama juga terjadi pada teknologi komunikasi seperti telephone celular, dsb seperti saat ini. Di bidang lain teknologi digital hampir pasti mulai mendominasi terhadap teknolgi manual yang konvensional, terutama dalam instrument alat ukur, al: jarak, berat, suhu, kecepatan, ketinggian, putaran, ph dll yang sangat luas.
Keunggulan teknologi digital memang tidak dapat dibantah lagi karena dalam banyak hal teknologi ini jauh lebih unggul dari tekologi manual yang telah berpuluh tahun mendominasi karena memang hanya teknologi itu sajalah yang baru ditemukan orang.
Keunggulan digital vs konvensional al:
  • ·         Bobot yang semakin ringan,
  • ·         Harga yang semakin murah dan kompetitif terhadap yang manual
  • ·         Pembacaan yang jauh lebih jelas berupa angka dibandingkan manual yang cuma strip/ garis
  • ·         Memungkinkan pembacaan akurat sampai yg terkecil yang oleh manual tidak memungkinkan
  • ·         Dll
Dari searching di internet saya menemukan berbagai masukan soal harga manual vs digital, dalam hal ini kita bicara tetang timbangan dan termometer, sebagai contoh timbangan dagang dari logam yang selain berat dan besar ternyata hanya berkapasitas timbang maximal 10kg, bandingkan dengan timbangan digital standard yang kapasitas maximal 7 kg, dan ternyata harga timbangan manual sekitar 3x lipat lebih mahal daripada yg digital.
 



Begitu juga jenis lain seperti timbangan gantung yang konvensional, rata rata lebih mahal dari pada yang sejenis dari jenis digital.
 

Termometer digital juga jauh lebih murah daripada termometer air raksa yang konvensional.
  

Menimbang harga yang rata rata jauh lebih murah ditambah keunggulan-keunggulan seperti diuraikan diatas tadi, kami serahkan pada anda yang berakal sehat mau memilih yang mana, namun kami jelas hanya menyediakan yang lebih baik dan menguntungkan daripada yang ada.

Tidak ada komentar: